DESA RANTAU KALIS ~ IMASIKA FMIPA UNTAN

Jumat, 03 Agustus 2012

DESA RANTAU KALIS


Desa Rantau Kalis terletak di Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Secara resmi Desa ini berdiri pada tahun 2004 dengan sarana transportasi utama berupa jembatan gantung yang mulai digunakan pada tahun 2002. Jarak antara Pusat Kecamatan dengan Desa yang dimaksud sekitar 20 menit perjalanan menggunakan sepeda motor, kondisi jalan yang dilalui cukup baik karena sebagian jalannya sudah diaspal. Sedangkan jarak Desa ke Kota Kabupaten dengan waktu tempuh kurang lebih 40 menit, dengan kondisi jalan yang relatif licin pada musim hujan jika dilalui oleh kendaraan, terutama bagian jalan yang belum diaspal.

Jembatan Gantung

Jalan Desa

Secara geografis, Desa Rantau Kalis dialiri oleh Sungai Kalis serta diapit tepat 2 buah perbukitan yaitu: Bukit Bake dan Bukit Liang Karang. Air yang mengalir dari Bukit Bake dimanfaatkan warga sebagai sumber air minum alami berdasarkan hasil penelitian Laboratorium Universitas Gajahmada Yogjakarta. Selain itu di Desa Rantau Kalis juga terdapat potensi objek wisata seperti: air terjun, jeram sungai, serta wisata rohani Gua Maria yang berjarak 6 km dari Desa Rantau Kalis.

Secara kependudukan, Desa Rantau Kalis terdiri dari tiga dusun  yaitu: Dusun Kalis Jaya, Dusun Tempurau, dan Dusun Lunsa Pangan. Desa ini memiliki sekitar 167 KK (Kepala Keluarga) diantaranya 284 jiwa perempuan dan 314 jiwa laki-laki. Mayoritas masyarakat di Desa Rantau Kalis memeluk agama Katolik diantaranya 594 orang dan 4 orang memeluk agama Islam. Mata pencaharian penduduk setempat sebagian besar  bertani, berdagang, dan pengumpul gaharu. Pada tahun 2007 Pemda sempat memberikan fasilitas berupa panel surya di setiap rumah warga, namun kini tidak digunakan lagi karena mengalami kerusakan akibat tidak adanya pemeliharaan yang intensif. 



Salah satu sarana dan prasarana Desa ini adalah Gereja Santo Yohanes Pembaptis yang terletak di desa ini menjadi fokus utama kegiatan AkSI, karena kondisi gereja yang sudah memudar warnanya dan beberapa fasilitas gereja yang kurang memadai. Tingkat pendidikan di Desa Rantau Kalis sudah lumayan baik, rata-rata masyarakat di sana tamatan SMP dan SMA. Namun fasilitas pendidikan di Desa Rantau Kalis belum cukup memadai, karena hanya terdapat satu Sekolah Dasar yaitu SDN 17 Rantau Kalis. Sekitar 3 km dari Desa Rantau Kalis terdapat SMP yang tepatnya berada di Desa Nanga Danau.

Gereja dan Sekolah

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Selamat pagi
Izin untuk mengkopi

Terima Kasih

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More