PASKAH IMASIKA 2012 ~ IMASIKA FMIPA UNTAN

Sabtu, 21 April 2012

PASKAH IMASIKA 2012


Paskah merupakan salah satu hari raya terbesar dalam Gereja Katolik di mana paskah tersebut memperingati hari kebangkitan Yesus Kristus mengalahkan maut. Hal inilah yang menjadi dasar dalam iman katolik, yaitu kepercayaan manusia kepada Kristus sebagai Sang Juru Selamat.
Sebagai salah satu wadah pemersatu Iman Kristiani para mahasiswa, IMASIKA FMIPA Untan turut merayakan Hari Raya Paskah. Pada tahun 2012 ini, Paskah jatuh pada tanggal 8 April 2012, di saat mahasiswa-mahasiswi di FMIPA masih bergumul dengan Ujian Tengah Semester Genap. Oleh karena itu, Kegiatan Paskah IMASIKA baru diselenggarakan pada tanggal 20 April 2012, ketika para mahasiswa diliburkan karena adanya Ujian Nasional bagi para pelajar SMA.
Sejak pukul 07.30 WIB, beberapa anggota IMASIK telah berkumpul di Kampus Kuning tercinta dan pada pukul 08.10 WIB, rombongan tersebut berangkat ke lokasi pelaksanaan Paskah Imasika, yaitu di STT Antonio Ventimiglia Siantan. Jumlah peserta yang berangkat pada saat itu hanya sekitar belasan orang. Hal ini di karenakan pelaksanaan Paskah Imasika yang dilaksanakan pada hari libur Ujian Nasional bagi Pelajar SMA. Momen liburan ini dimanfaatkan oleh sebagian anggota IMASIKA untuk pulang kampong, akibatnya jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini tidak terlalu banyak. Tentunya hal ini bukanlah suatu masalah besar, karena yang terpenting adalah semangat dari anggota IMASIKA untuk merayakan Paskah tersebut.
Sesampainya di Tempat Kegiatan Paskah (TKP) IMASIKA, rombongan segera mempersiapkan diri untuk mengikuti Misa yang di pimpin oleh Frater Pendamping IMASIKA, yaitu Fr. Cristianus Watu. Misa tersebut berlangsung khusuk dengan jumlah peserta yang tidak begitu banyak. Setelah misa, peserta diajak oleh Frater Cris untuk Sharing mengenai Paskah pribadi yang dialami oleh masing-masing peserta dalam relasinya dengan iman katolik. Suasana sempat terasa haru ketika mendengar kisah-kisah tentang Paskah pribadi yang telah dialami oleh peserta.
Setelah beristirahat sejenak, para peserta diajak untuk menikmati kemeriahan acara Paskah IMASIKA, yaitu dengan mengikuti serangkaian perlombaan yang telah dipersiapkan oleh panitia. Suasana menjadi semakin meriah, karena para peserta yang mengikuti kegiatan Paskah Imasika semakin ramai, karena ada beberapa anggota IMASIKA yang baru datang dan mengikuti kegiatan tersebut. Lomba-lomba yang dilaksanakan dalam kegiatan tersebut adalah Lomba memasukkan paku ke dalam botol, Lomba makan kerupuk dan Lomba menghias Telur Paskah yang telah disiapkan oleh masing-masing peserta. Tidak lupa pula dilaksanakn lomba mencari telur paskah yang menjadi kegiatan khas Paskah,
khususnya bagi anak-anak sekolah minggu. Sorak-sorai dan riuh tawa dari para peserta mengiringi pelaksanaan lomba-lomba tersebut.
Acara yang dilaksanakan pada malam harinya juda tidak kalah seru, karena malam tersebut merupakan acara puncak dari kegiatan Paskah ini. Pada malam tersebut dilaksanakan lomba Pentas Seni (Pensi) dari tiap-tiap angkatan. Dengan penuh kreatifitas, para peserta menunjukkan pensinya untuk menghibur para peserta lainnya. Dan akhirnya, terpilihlah pensi dari angkatan 2007 sebagai pensi terbaik.




Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan nonton bareng film yang berjudul “Tanda Tanya” Film tersebut memaparkan tentang realita kehidupan masyarakat di Indonesia yang multi kultural dan multi agama, sehingga kita diajak untuk saling menghormati antar umat beragama. Saat itu, peserta yang hadir mencapai 30an orang ditemani dengan 2 Frater yang selalu mendampingi dan membimbing IMASIKA, yaitu Fr. Cris dan Fr. Thomas. Tidak lupa pula, jagung bakar special dari panitia menjadi menu utama saat itu.
Akhirnya, sampailah kita di penghujung kegiatan Paskah IMASIKA, yaitu acara penutup. Dalam acara ini, dilakukan pembagian hadiah kepada para pemenang dari setiap lomba, pemberian kenang-kenangan kepada pihak STT, serta penyampaian pesan dan kesan dari Fr. Pendamping , Ketua IMASIKA, serta Ketua Pelaksana Perayaan Paskah IMASIKA yang tidak lain adalah Sdr. Bedri. Setelah Serangkaian acara Paskah IMASIKA selesai dilaksanakan, para peserta dapatkembali ke tempat mereka masing-masing. Namun karena hari telah larut malam, maka tidak sedikit peserta yang menginap di STT sebelum kembali ke tempat mereka masing-masing pada keesokan harinya.
Semoga melalui kegiatan Paskah Imasika ini, rasa solidaritas dan kekeluargaan dalam diri IMASIKA semakin dikuatkan dan Iman kepada Kristus semain diperteguh. Amin (Hill).

Tidak ada komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More